search

Senin, 16 Maret 2015

Masyarakat Informasi


1.      Mengapa Masyarakat Informasi sangat penting?

  • Adanya tantangan-tantangan baru dan kesempatan serta perkembangan-perkembangan.
  • Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi sebuah definisi sementara yang kuat, dan ini menstransformasi aktivitas ekonomi dan sosial.
  • ICT sebagai sarana pembangunan ekonomi dan sosial, dan memenuhi sasaran pembangunan.

2.      Ciri – ciri Masyarakat Informasi

  • Adanya level intensitas informasi yang tinggi (kebutuhan informasi yang tinggi) dalam kehidupan masyarakat sehari – hari, pada organisasi – organisasi yang ada, dan tempat– tempat kerja.
  • Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan sosial, pengajaran dan bisnis, serta kegiatan– kegiatan lainnya..
  • Kemampuan pertukaran data digital yang cepat dalam jarak yang jauh.

3.      Perbedaan Masyarakat

Hal
Agraris
Industri
Informasi
Sumber daya yang diolah
SDA (angin, air, tanah, manusia)
Membuat tenaga(listrik, bahan bakar)
Informasi (transmisi data dan komputer)
Sumber daya yang dibutuhkan
Bahan mentah / alam
Modal
Pengetahuan
Keahlian SDM yang dibutuhkan
Petani, pekerja tanpa skill tertentu
Ahli mesin, pekerja dengan skill khusus
Pekerja profesional (dengan skill tinggi)
Teknologi:
Alat-alat manual
Teknologi mesin
Teknologi cerdas
Prinsip perkembangan
Tradisional
Pertumbuhan ekonomi
Penerapan pengetahuan dalam teknologi
Mode produksi dalam bidang ekonomi
Pertanian, pertambangan, perikanan, peternakan
Produksi, distribusi barang; konstruksi berat
Transportasi, perdagangan, asuransi, real estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, pemerintahan

4.      Contoh aktivitas Masyarakat Informasi


  • Di China, pertumbuhan pesan layanan singkat (SMS) pada tahun 2003 tercatat mencapai 96 miliar pesan, atau lima kali lebih banyak dibandingkan pada tahun 2001. Dengan jumlah pengguna telepon seluler (ponsel) mencapai 260 juta orang, jumlah SMS yang terkirim pada Tahun Baru Imlek tahun ini saja sudah mencapai 7 miliar pesan.
  • Pada tahun 2007, jumlah pendapatan dari SMS akan mencapai 16 miliar dollar AS, di mana 500 juta pengguna ponsel di China akan mengirim sebanyak rata-rata enam pesan SMS sehari. Dalam skala sama, lalu lintas SMS di Indonesia tidak ada artinya dibandingkan dengan China.